Translate

Kamis, 24 Mei 2018

MENIMBANG CALON KETUA KORWIL FOKAL IMM KALBAR

Moch. Sab'in Mantan Ketum DPD IMM Kalbar 2005-2007 Calon Kuat Ketua Korwil Fokal IMM Kalbar


Pontianak, 25 Mei 2018.  Popularitas suatu perguruan tinggi atau organisasi tidak jarang dipengaruhi secara siginfikan oleh kedudukan alumni dalam suatu struktur sosial yang oleh publik dipersepsi “berhasil’ dalam bidang-bidang tertentu. Popularitas yang dibangun oleh keadaan seperti ini, tidaklah salah, tetapi sifatnya sangat temporer dan bahkan bisa tidak berarti apa-apa bagi Sebuah Organisasi atau malah tidak ada hubungan sama sekali dengan Oraganisasi tersebut. Sebab ada banyak orang dengan kedudukan yang dimilikinya tidak dipengaruhi oleh Organisasi dimana ia pernah berkumpul dan Berdinamika. Oleh karenanya yang dibutuhkan bukanlah sekedar popularitas, melainkan reputasi dan kekuatan Konsulidasi Alumni.
Keberadaan alumni yang turut membangun reputasi almamaternya karena keberadaan alumni mampu membangun persepsi publik bahwa suatu organisasi melalui alumninya mencerminkan suatu prestasi dan karakter dari Organisasi tersebut. Di sinilah, keunggulan komparatif sebagai suatu keunikan/keunggulan tertentu dari suatu organisasi dan itu tercermin dari kader dan orgabnisasi menjadi sangat penting.
Organisasi alumni merupakan wadah berhimpunnya para lulusan yang bagi Organisasi Otonom Muhammadiyah seperti Seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, jumlahnya sangat banyak, memasuki beragam kegiatan/ativitas, pekerjaan/profesi, dan menyebar luas ke seluruh negeri dan daerah, bahkan luar negeri. Keberadaan alumni yang demikian, jika diorganisir akan membentuk jaringan sosial yang sangat besar dan kuat. Lalu, tinggal memanage supaya memberikan manfaat. Jaringan inilah yang dapat kita sebut sebagai modal sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar